• INSPIRASI JALANAN | Karena inspirasi tidak datang dari atas meja kerja (saja)...

Membuat Video Perkenalan Diri dengan Flash 1

mozuqi | 06.49 |

Pada semester 8 ini, saya mengambil mata kuliah Interaksi Manusia Komputer (Imakom) dari jurusan Teknik Informatika. Saya mengambil mata kuliah luar karena memang mahasiswa Teknik Industri  diwajibkan untuk mengambil 3 sks mata kuliah non-TI. Tujuan saya mengambil mata kuliah ini adalah saya berharap akan berguna untuk TA saya yang berkaitan dengan Sistem Informasi. Yah, sedikitnya saya bisa mengetahui prinsip-prinsip dalam mendesain antarmuka.

Selain itu, menurut teman-teman saya dari IF, mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mempelajari Flash. Saya pun menjadi tertarik. Namun, ternyata mata kuliah ini tidak sesuai dengan dugaan saya. Di mata kuliah ini tidak diajarkan teknis dalam mengoperasikan Flash, apalagi Actionscriptnya. Saya masuk ke kelas yang sebagian besar berisi anak IF, hanya saya dan 2 teman saya dari TI yang bukan anak IF di kelas itu. Sebagai minoritas, ya tentu saja kami tidak bisa terlalu aktif. Rata-rata anak IF tentunya sudah tidak asing dalam pemrograman, coding, dan sebagainya. Terlebih lagi, kami (anak TI) tidak mengkikuti perkuliahan minggu pertama (2 kuliah) karena ada kulker. Semakin saja kami ketinggalan informasi.

Tugas pertama di mata kuliah ini adalah membuat video perkenalan dengan menggunakan Flash. Tentu saja kami tidak diajarkan bagaimana mengoperasikan Flash, karena dianggap sudah pernah ngulik software ini. Yah, kitab google dan youtube pun menjadi referensi utama saya dalam membuat tugas pertama ini. Mencari tutorial ke berbagai sumber dan melihat contoh video hasil Flash. Pada tugas ini, kami diharuskan untuk membuat sebuah video perkenalan diri. Arahan yang diberikan pada tugas ini adalah:
1. Berdurasi sekitar 20-detik dan berukuran 600 x 400.
2. Berisi judul, gambar (foto) sendiri, audio clip, beberapa teks (minimal nama sendiri), serta animasi.
Selain kebutuhan di atas, diperbolehkan dan diberi kebebasan untuk menambahkan elemen-elemen kreatif lainnya.
Penilaian didasarkan pada:
  • Kelengkapan dalam memenuhi kebutuhan di atas (60%)
  • Estetika, apakan penggunaan font, animasi dan elemen lainnya secara estetik menyenangkan (20%)
  • Organisasi, bagaimana anda secara sistematis memperkenalkan diri anda sendiri (20%).

Berdasarkan arahan dan keterbatasan ilmu saya dalam mengoperasikan Adobe Flash, maka saya membuat video seperti terlihat sebagai berikut. Yah inilah karya pertama saya, hehe.


Karena pada saat itu saya belum mengetahui fitur-fitur keren yang ada pada Adobe Flash, saya hanya menggunakan animasi-animasi sederhana dengan Classic Motion Tween. Andalan saya dalam video ini adalah backsoundnya, saya memilih lagu bajidor kahot (sambasunda) yang menghentak sebagai backsoundnya. Kemudian, animasi video yang saya buat diusahakan singkron dengan ketukan/hentakan pada lagu tersebut, ya masih belum terlalu pas sih, hehe. Oia, saya membuat video ini tanpa menggunakan Actionscript karena pada saat itu saya sama sekali tidak mengerti bahasa pemrogramannya. Sehingga, desain semanual-manualnya pun saya lakukan, alhasil, untuk membuat video berdurasi 20 detik ini, jumlah frame yang digunakan cukup banyak dan ukuran filenya cukup besar, tidak efisien.


Kalau teman-teman sempat melihat tulisan dan video ini, saya mengharapkan komentarnya, dengan sudut pandang sebagai penikmat atau mungkin seorang ahli. Saya ingin mengetahui apakah user experience-nya telah sesuai dengan yang saya inginkan atau tidak, hehe.

Saya pribadi sebenarnya merasa puas dan senang ketika bisa menyelasaikan dan melihat video ini. Namun, ketika melihat teman-teman lain (terutama dari IF) mempresentasikan video perkenalannya di kelas, saya menjadi tidak puas. Ternyata masih banyak fitur-fitur keren yang belum saya eksplor dan baru saya sadari itu bisa dilakukan dengan Adobe Flash. Mumpung aparat di Indonesia memungkinkan kita bisa memperoleh banyak software keren dengan mudah, saya harus bisa mempelajarinya lebih lanjut lagi. Aamiin. V^^

1 Responses So Far:

Membuat Antarmuka Perangkat Ajar Mandiri dengan Flash « Inspirasi Jalanan mengatakan...

[...] lanjutan dari tulisan saya sebelumnya, masih mengenai mata kuliah Imakom, kali ini saya akan menulis tentang membuat perangkat ajar [...]

(C)2011 by mozuqi.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Inspirasi Jalanan | mozuqi.com Copyright © 2010 Prozine Theme is Originally Designed by Lasantha and Simple Modified by Me Home | RSS Feed | Comment RSS