• INSPIRASI JALANAN | Karena inspirasi tidak datang dari atas meja kerja (saja)...

2011 Selaras 5

mozuqi | 19.04 |

Dua bulan sudah (Februari dan Maret) saya menelantarkan blog ini tanpa tulisan. Masalah utama yang saya hadapi adalah inkonsistensi. Jika dilihat pada jumlah tulisan di bulan Januari, saya bisa membuat tulisan sebanyak 8 buah, dengan kata lain kira-kira 2 tulisan per minggu. Namun, pada bulan Februari dan Maret, saya tidak membuat tulisan satu pun, haha. Masalah inkonsistensi ini sebenarnya sudah saya sadari sejak akhir tahun lalu. Tepatnya ketika saya membuat tulisan yang ini. Salah satu poin yang masih saya ingat adalah saya bertekad untuk membuat minimal 1 tulisan per minggu. Dengan kata lain, untuk kekosongan tulisan selama 2 bulan, saya berhutang sekitar 8 tulisan. Ya sudah lah, sekarang saya memulai untuk membuat tulisan yang pertama, hehe. V^^

Pada awal 2011 ini, saya mengganti gambar di header blog ini seperti yang saat ini terlihat. Saat itu saya merasa membutuhkan suasana dan semangat baru dalam menjalani tahun 2011. Tahun 2011 ini merupakan tahun keempat saya kuliah di ITB, dan tentunya saya juga berharap ini menjadi tahun terakhir saya kuliah. Aamiin. Oleh karena itu, saya memilih gambar adegan Rancho ketika diwisuda di Film "3 Idiots" sebagai background gambar header. Lalu di atasnya saya tuliskan kata-kata "SEMANGAT BARU", dengan huruf "T" dan "A" nya yang dibuat dalam warna merah. Saya berharap saya sedikitnya bisa termotivasi, hehe, dan mungkin teman-teman yang melihat gambar itu juga bisa mengetahui saya sedang ingin menyelesaikan Tugas Akhir lalu mengingatkan, memotivasi, dan membantu saya bahkan, haha. Kemudian, tulisan 2011 selaras ini saya sertakan karena saya menginginkan "warna" saya dalam menjalani 2011 adalah selaras. Yakni saya bisa menjalani berbagai aktivitas saya dengan sinergis, teratur, dan saling mendukung. Yah itu lah harapan saya di awal tahun ini.

Berbicara masalah aktivitas, 2 bulan kemarin di mana saya tidak menuliskan satu tulisan pun di bolg ini, saya pun bingung dengan aktivitas saya. Saya merasa memiliki waktu yang kosong cukup banyak tapi juga merasa kekurangan waktu. Akhir Januari lalu, selama seminggu, saya melakukan kunjungan Kuliah Kerja Jawa-Bali bersama teman-teman Teknik industri 2007. Kuliah kerja tersebut berakhir pada tanggal 6 Februari, dan besoknya perkuliahan langsung dimulai. Dari sini lah, kemalasan untuk mengupdate blog ini dimulai, haha. Momentum liburan berkedok kulker itu membuat saya kehilangan gairah untuk membuat tulisan di blog ini, hehe.

Pada semester 8 ini, jadwal kuliah saya cukup lengang dibanding semester-semester sebelumnya. Waktu kosong saya cukup banyak untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Selain urusan kuliah dan tugas-tugasnya, hal lain yang saya lakukan adalah mengerjakan Tugas Akhir (TA). Selama 2 bulan itu saya berkutat mencari topik, objek, dan dasar teori yang paling pas. Saya mencari topik lagi karena topik yang saya ajukan pada proposal Tugas Akhir I dirasa terlalu sederhana, mungkin setara dengan tugas besar mata kuliah tertentu. Untungnya, saat ini saya telah menemukan dasar teori dan topik TA saya, namun masih mencari metodologi dan objek yang tepat. Saya harap saya bisa menyelesaikannya secepat mungkin. Saya menilai progres TA ini tidak terlalu mengecewakan, berhubung saya memang tidak menargetkan lulus Juli, tapi Oktober tahun ini.

Salah satu parameter produktivitas lainnya yang saya lihat adalah produktivitas saya dalam membuat tulisan di blog ini. Saya merasa sangat rugi dan bersalah ketika melihat junmlah tulisan di blog saya ini nol (0) di bulan Februari dan Maret. Saya merasa iri dengan teman saya, Ijal, dengan blognya yang mampu diupdatedengan rutin. Pada hari Sabtu 2 April yang lalu, kami sedikit berbincang mengenai masalah blogging, dan mungkin dari situlah asal motivasi saya membuat tulisan ini, hehe. Salah satu poin yang saya peroleh dari perbincangan itu dalam mengelola blog adalah tulisan yang dibuat tidak perlu panjang-panjang, lebih baik pendek asal konsisten. Penting atau tidaknya tulisan lain bagi pembaca adalah urusan kedua, yang penting tulisan itu penting bagi penulis, dan juga akan membiasakan blooger untuk menulis. Setelah terbiasa, tentunya kita dapat belajar untuk menjadi lebih baik. Mungkin secara ekstremnya seperti menulis status pada facebook, namun dengan jumlah tulisan minimal sekitar 2-3 paragraf (agar blog kita tidak seperti timeline twitter, hehe).

Kembali ke judul tulisan ini, 2011 selaras, saya tidak ingin menjadikan menulis di blog ini sebagai beban. Namun, sebagai suatu kesenangan dan juga mendukung akktivitas saya lainnya. Oleh karena itu, tulisan-tulisan saya ke depannya akan membahas materi kuliah yang saya ambil saat ini serta opini saya dalam menanggapi isu-isu yang saya minati seperti industri, lingkungan, dan budaya yang berkembang.

5 Responses So Far:

Kiyoshi mengatakan...

tetap menulis terus..
ditunggu tulisan-tulisannya :D

Rizal Dwi Prayogo mengatakan...

Tuh, siga kang mahmuy. One day One Post, mantaaap.. Sy mah teu sanggup one day one post siga kang mahmuy :D

mozuqi mengatakan...

sip, hatur nuhun kang..

mozuqi mengatakan...

sip, hatur nuhun ah kang..

mozuqi mengatakan...

One day one post..
hmmm..
dicoba heula we nya, hehe..

(C)2011 by mozuqi.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Inspirasi Jalanan | mozuqi.com Copyright © 2010 Prozine Theme is Originally Designed by Lasantha and Simple Modified by Me Home | RSS Feed | Comment RSS