• INSPIRASI JALANAN | Karena inspirasi tidak datang dari atas meja kerja (saja)...

Waktu yang terus bergulir 1

mozuqi | 17.46 |

Tidak terasa blog ini tidak saya update selama hampir 2 bulan. Ya, 2 bulan. Kenapa ya, padahal pada awal-awal penulisan blog ini saya merasa sangat bersemangat dan bertekad untuk rajin dan konsisten menulis di blog ini. Bukan masalah ide bahan tulisan. Kadang, setiap saya sedang kuliah atau di perjalanan saya sedikit melamun, memikirkan bahan-bahan untuk ditulis di blog ini, dan mendapatkan ide yang cukup menarik untuk ditulis di sini. Namun, ketika sampai rumah atau tempat manapun yang sebenarnya bisa digunakan untuk menuangkan ide-ide tersebut ke dalam tulisan, saya tidak melakukannya, malah melakukan kegiatan lain.

Sibuk dengan aktivitas lain? Saya kira tidak. Walaupun semester ini saya mengambil sks cukup banyak, 22 sks, saya rasa tidak terlalu mengurangi waktu lowong saya. Oia, seperti yang temen-temen liat di header blog ini, semester ini ada salah satu mata kuliah yang (katanya) berat banget, butuh begadang buat ngeberesin tugasnya. Mata kuliah itu adalah Perancangan Tata Letak Pabrik (PTLP/PLO). Mungkin lain kali akan saya ceritakan lebih detil tentang mata kuliah ini, namun kali ini saya akan sedikit menceritakannya dari sisi lain.

Tanggapan rata-rata teman-teman TI 2007 ataupun senior-senior terhadap tugas matakuliah ini adalah berat, nguli, dan bikin begadang. Ya, opini tersebut membuat sugesti tersendiri bagi diri saya, terutama yang membuat harus begadang dalam membuat tugasnya. Padahal, tugas-tugas yang diberikan sebenarnya bisa diselesaikan dalam satu malam saja, seperti lagu yang dibuat oleh Bung Aldi dan Bung Rishad, PLO satu malam, haha. Sayangnya, biasanya “PLO satu malam” itu dilakukan pada 1 atau 2 malam terakhir sebelum pengumpulan, haha, parahnyo. Pada saat pengumpulan, saya biasanya agak sedikit menyesal kenapa saya melakukan pemepetan tugas di akhir, kenapa saya tida melakukan “PLO satu malam” pada 1 atau 2 malam pertama setelah pemberian tugas atau asoistensi. Parahnya, kesalahan dan penyesalan itu terus berlanjut hingga modul-modul selanjutnya.

Untungnya, saya berhasil menghentikan kebiasaan tersebut (sampai modul 5 atau modul 6 kalau tidak salah). Modul-modul selanjutnya, saya merasa sudah santai di H-1 atau H-2, karena pengolahan data sudah 100% dan laporan sudah 90% (tinggal kesimpulan saran dan ngeprint).

Yah, kembali lagi ke pembicaraan awal, waktu yang terus bergulir, heuheu. Tidak terasa saya terakhir mengupdate blog ini pada bulan september, pada saat libur lebaran, yang notabene merupakan awal kuliah. Sekarang, ketika tulisan ini saya buat, merupakan minggu terakhir kuliah di semester ini, mungkin juga kuliah terakhir di ITB bagi teman-teman yang tinggal menyisakan TA di semester depan (dem! Aing loba keneh sisa sks).

Yah, semoga sisa waktu saya bisa terus saya gunakan dengan baik. Semester ini bisa memberikan pengalaman dan hasil yang baik juga. Oia, tulisan saya ini juga akan saya gunakan untuk menuliskan “komitmen” saya dalam penulisan di blog ini. Saya bertekad untuk dapat mengupdate blog ini seminggu sekali. Itu saja lah tekad saya dalam mengurusi blog ini. Semoga saya bisa terus teringat dan melaksanakannya. Dan  saya baru menyadari satu hal pada saat nge­save file ini (FYI, kalo bikin tulisan di blog saya nulis di word dulu, disave, baru saya copy ke blog), saya telah memiliki dua draft tulisan yang sebelumnya telah saya buat dan belum sempat saya unggah ke blog, hadoooh, lain kali saja deh saya unggah dua tulisan tersebut.

Oia, tulisan ini dibuat tanpa perencanaan, sangat spontan, beberapa saat setelah bangun tidur. Tidak tahu dari mana memperoleh semangat dan inspirasi untuk memainkan jari di atas keyboard ini. Oleh karena itu, mohon dimaklum jika tulisan ini terasa ngaler ngidul, hehee..

1 Responses So Far:

2011 Selaras « Inspirasi Jalanan mengatakan...

[...] ini sebenarnya sudah saya sadari sejak akhir tahun lalu. Tepatnya ketika saya membuat tulisan yang ini. Salah satu poin yang masih saya ingat adalah saya bertekad untuk membuat minimal 1 tulisan per [...]

(C)2011 by mozuqi.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Inspirasi Jalanan | mozuqi.com Copyright © 2010 Prozine Theme is Originally Designed by Lasantha and Simple Modified by Me Home | RSS Feed | Comment RSS