• INSPIRASI JALANAN | Karena inspirasi tidak datang dari atas meja kerja (saja)...

Hidup dan Mati Hanya Milik Allah 1

mozuqi | 21.35 |

Pada hari kamis (15/9) kemarin, saya penasaran dengan blog saya yang di wordpress ini karena tidak bisa dikustomisasi dengan kode javascript, hanya bisa menggunakan kode html. Kode html-nya pun tidak semuanya bisa digunakan, ada beberapa kode ‘tag’ html yang diblok oleh wordpress. Saya merasa iri dengan beberapa teman yang menggunakan blogspot sebagai tempat membuat blognya, karena mereka bisa melakukan kustomisasi seenaknya dengan menggunakan kode javascript atau kode html, bahkan bisa memasang adsense google di blog mereka, lumayan kan buat nambah pendapatan kecil-kecilan, hehee.

Oleh karena itu, terbesit dalam pikiran saya, apakah saya perlu untuk membuat/mengganti blog saya menjadi di blogspot. Saya yakin, wordpress dan blogspot memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga saya mencari informasi terlebih dahulu mengenai hal itu. Pencarian informasi tersebut saya mulai dengan mengetikkan kata kunci ‘wordpress vs blogspot’ pada google search, lalu saya peroleh hasil seperti gambar di bawah ini. Eh, lho kok ga nyambung dengan judul artikel? Nyambung kok. Terusin aja dulu bacanya, hehe. V^^

wordpress vs blogspot di google search
wordpress vs blogspot di google search
Dari hasil penelusuran google tersebut saya membuka beberapa link yang ditunjukkan, dan yang sangat menarik perhatian saya adalah satu-satunya temuan yang berbahasa indonesia, yaitu hasil temuan ketiga pada gambar di atas (hasil temuan keempat juga berbahasa indonesia, tapi isinya bukan yang saya maksud). Link pada hasil temuan ketiga tersebut mengarahkan saya pada sebuah blog di blogspot milik Ferian Nur Hidayah (http://feriannh.blogspot.com/2010/04/wordpress-vs-blogger.html).  Coba saja teman-teman memasukkan kata kunci tersebut di google, saya yakin hanya ada 1 temuan yang berbahasa Indonesia pada 1 halaman temuan google. Setelah link tersebut saya buka dan artikelnya saya baca, saya menangkap bahwa menurut beliau (penulis blog tersebut) wordpress dan blogspot mempunyai keunggulan tersendiri. Gunakan wordpress ketika kita bisa membuat blog dengan kekuatan tulisan yang bagus, dan gunakan blogspot jika kita ingin melakukan banyak kustomisasi desain blog kita.

Dalam salah satu bagian artikel tersebut, beliau menuliskan bahwa beliau juga memiliki blog di wordpress, dan banyak terinspirasi oleh blog salah satu temannya, seperti pada potongan gambar di bawah.

salah satu bagian artikel "wordpress vs blogspot"
salah satu bagian di artikel "wordpress vs blogspot"
Saya pun tertarik untuk membuka link tersebut, karena menurut saya blog milik Ferian ini sangat menarik, berkualitas, dan inspiratif, apalagi blog yang menginpirasi beliau. Link temannya tersebut ternyata mengarah pada blog milik Syafiq (http://www.sapeq.wordpress.com/). Setelah halaman blog milik Syafiq ini terbuka, saya tertarik untuk melihat salah satu tulisannya yang berjudul “salam perpisahan” (http://sapeq.wordpress.com/2010/08/29/salam-perpisahan/) yang dapat terlihat langsung dari halaman “home” blognya pada tanggal 15 september kemarin. Pada tulisan tersebut dinyatakan bahwa ada salahsatu temannya yang telah meninggal muda, pada umur 21 tahun, seumur dengan saya, seperti pada potongan gambar di bawah.

Artikel "Salam Perpisahan"
Artikel "Salam Perpisahan"
Alangkah terkejutnya ketika saya menggerakkan kursor ke link ‘ini’ pada tulisan di atas. Link ‘ini’ mengarah pada blog yang sebelumnya saya buka, yaitu blog di blogspot milik Ferian (http://feriannh.blogspot.com/).  Rasa penasaran pun semakin membesar, saya ikuti kembali link tersebut dan saya kembali ke halaman blog milik Ferian. Pada blog milik Ferian yang di blogspot tersebut, saya langsung membuka link blog miliknya yang di wordpress (http://ferferianfer.wordpress.com/) dan profil facebooknya yang juga tertera di blog blogspotnya. (http://www.facebook.com/people/Ferian-Nur-Hidayah/1110161177)

Untungnya, profil di facebook miliknya tidak terlalu ketat (privasinya), sehingga walaupun saya tidak terhubung sebagai teman, saya bisa melihat wall miliknya. Dan memang, ternyata di wallnya banyak pernyataan belasungkawa dari rekan-rekannya, beliau (Ferian) telah meninggal dunia, tidak lebih dari sebulan yang lalu, Innalillahi Wa Inna Lillahi Rojiun. Setelah saya telusuri lebih lanjut di wallnya, saya menemukan bahwa almarhumah terakhir melakukan update satatus pada tanggal 11 Agustus (1 Ramadahan), dan temannya mulai membuat pernyataan belasungkawa pada tanggal 27 Agustus (17 Ramadhan), seperti pada gambar di bawah. Saya berkesimpulan bahwa almarhumah meninggal diantara dua tanggal tersebut, mendekati tanggal 27nya.

Update Status Facebook Terakhir
Update Status Facebook Terakhir
Setelah melihat profil facebooknya, saya melihat-lihat blog wordpress almarhumah. Saya pun membaca salah satu tulisannya berjudul “Makanan Pantangan sebagai Obat” (http://ferferianfer.wordpress.com/2010/04/03/makanan-pantangan-sebagai-obat/). Pada tulisan tersebut saya mengetahui bahwa almarhumah mengidap penyakit tumor otak. Almarhumah menuliskan bahwa semasa hidupnya, almarhumah mencoba mensyukuri hidupnya dengan menjaga kesehatan dengan baik, dengan kata lain menjaga kesempatan yang telah diberikan Allah dengan baik.$ Beliau sudah berkali-kali dioperasi dioperasi di bagian kepala untuk menyembuhkan tumornya. Namun, hidup dan mati hanyalah milik Allah, almarhumah dipanggil oleh Allah pada umur 21 tahun. Innalillahi Wa Inna Lillahi Rojiun.

Dari niat hanya mengurusi blog, saya memperoleh pembelajaran dan renungan. Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan pembelajaran dan renungan bagi kita semua. Hidup dan mati hanya milik Allah.

Bagaimana pun jalannya, Allah bisa mencabut nyawa kita kapan saja.

Sesungguhnya semua adalah milik Allah dan kepada-Nya lah semua akan kembali.

Innalillahi Wa Inna Lillahi Rojiun.

1 Responses So Far:

Anonim mengatakan...

Maturnuwun sudah membuat tulisan tentang sahabat kami. Meski raganya sudah tidak bersama kami, tapi semangatnya akan selalu bersama kami :)

(C)2011 by mozuqi.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Inspirasi Jalanan | mozuqi.com Copyright © 2010 Prozine Theme is Originally Designed by Lasantha and Simple Modified by Me Home | RSS Feed | Comment RSS